Sudut Pandang Batumarta VI


Tulisan kepada teman teman yang merasa peduli dan memiliki desa Batumarta6.

Desa Batumarta kini memang sudah lebih menggeliat serta lebih maju ketimbang saat saya pertama datang kesini sekitar dua puluh tahun silam, saat menjadi warga desa Batumarta saat itu tingkat pendidikan atau jenjang pendidikan di atas akademi ataupun setingkat sarjana masih bisa di hitung dengan jari, berbeda sekali dengan saat ini yang semakin banyak anak anak asli desa Batumarta yang telah berhasil menggondol gelar ke sarjanaan nya. Cukup banyak anak transmigran menyandang predikat kesarjanaan, dan ber-internet, namun tidak dikembangkan, hanya menyadap karet.

Laju perkembangan ekonomi masyarakat di Desa Batumarta boleh di katakan lebih baik ketimbang desa desa lain di Kec. Madang Suku III.

Tapi tiada gading yang tak retak ………..

Untuk membuat desa Batumarta menjadi semakin berkembang dan semakin maju tidak hanya di butuhkan jenjang pendidikan yang tinggi atau pengalaman merantau yang banyak namun lebih pada kemauan masyarakat untuk memajukan desanya

Masih banyak anak muda yang kebablasan karena merasa hidup sudah nyaman menyadap karet lantas mereka memandang desa Batumarta dengan kacamata saat makmurnya saja bahkan tidak sedikit pemuda yang akhirnya hanya bisa menghujat pamong ataupun pemerintah desa karena ada beberapa ganjalan yang di rasa oleh sebagian orang.

Membangun serta memajukan daerah seperti desa Batumarta bukan hanya tanggung jawab pemerintah ataupun pamong namun tanggung jawab kita juga sebagai warga desa yang merasa mencintai nya. Apa jadinya jika generasi muda desa Batumarta yang terlahir dari budaya yang adiluhung kemudian menjadi luntur karena pergaulan di kota kota besar saat merantau, yang terjadi malah berbalik menjadi generasi penghujat generasi pencerca bukan generasi perintis dan pelestari.

Saya bukan pamong desa juga bukan tokoh masyarakat bahkan saya hanya orang yang berdomisili di desa Batumarta VI karena saya memiliki istri yang terlahir di desa ini namun kebanggaan saya terhadap desa ini tak hanya sekedar menyembul di mulut saya telah berkali kali saya mencoba berbuat membuat acara untuk membangkitkan kebersamaan warga serta generasi muda di wilayah saya tinggal berbincang dengan menemui mereka, dari acara kepemudaan dan keagamaan saat maulid serta kegiatan yang membangun desa ini untuk lebih maju berkembang, dll

Dalam bidang perkembangan tehnologi informasi saya juga membuat berbagai situs berita maupun pendidikan serta Teknologi Informasi untuk menyediakan informasi terbesar saat ini yang bisa di akses oleh masyarakat secara gratis sebagai sarana informasi bagi masyarakat yang membutuhkan.

Berkembangnya ekonomi Masyarakat Desa Batumarta akan membawa kemajuan yang pesat dalam perubahan kepada sebuah kemajuan, bila di ikuti berkembangnya wacana yang dimiliki Masyarakat Batumarta juga. Tapi maaf jangan memandang desa Batumarta dari sudut perkotaan tempat para Remaja serta pemuda Batumarta pergi merantau seperti Jakarta dan kota kota besar lain nya  tentu saja Batumarta jadi tampak tertinggal tapi pandanglah dengan kacamata yang setara.

Batumarta yang memiliki potensi Kota Terpadu Mandiri sebenarnya sudah menjadi kebanggan tersendiri bagi semua orang yang merasa memiliki Desa ini.

Potensi lain seperti Perkebunan Karet, sekitar 15.000 KK yang kaya raya hasil dari karet mentah. Per bulan pendapatan rata-rata minimal Rp 100 M, seluruhnya melalui jasa tengkulak.

Sementara tanpa sadar, bahwa besarnya pendapatan amat tergantung pada kekuatan luar. Mulai dari banyaknya tengkulak sampai dengan harga yang ditentukan oleh pasar global dengan pola pembayaran tertunda setelah terjual di Palembang (sekitar 300 km). Membuat Pemda tidak berdaya untuk mengelola kekayaan tersebut. Akibatnya sulit melakukan “pembangunan daerah”. Dengan situasi demikian, dikhawatirkan “kekayaan mereka” tidak akan bisa bertahan lama.

Prestasi Desa Batumarta dalam pembangunan OKU Timur banyak membuat desa ini menjadi semakin terkenal dan tambah makmur terlihat dengan ketersediaan sarana transportasi yang di miliki oleh sebagian besar masyarakat desa Batumarta. Hampir setiap warga di desa ini memiliki kendaraan sepeda motor sendiri maupun mobil berkelas itu juga merupakan bukti kesejahteraan masyarakat desa Batumarta di banding desa lain yang berada di Kab OKU Timur , kenapa saya bisa membuat pernyataan seperti ini karena sebagian besar desa desa di Kab OKU Timur pernah saya kunjungi .

Masih banyak desa desa lain di Kab OKU Timur yang akses jalan nya belum ber aspal bahkan beberapa desa di Kab OKU Timur masih sulit di jangkau kendaraan roda empat kecuali Mobil dengan spesifikasi 4×4 ( offroad ).

Sebenarnya sangat di sayangkan sekali di saat orang orang di luar daerah lain memiliki antusias untuk mengembangkan Batumarta VI namun generasi di desa Batumarta yang telah lebih maju jenjang pendidikan nya ketimbang generasi sebelum nya malah merasa gensi dan tidak bangga jika untuk membangun desanya .

Banyak sekali potensi desa Batumarta yang belum kita gali dan kita manfaatkan untuk memakmurkan serta mensejahterakan masyarakat desa Batumarta untuk anak cucu kita kelak, namun untuk menguak semua nya tak hanya butuh orang yang pintar namun butuh orang yang mau dan peduli serta ringan tangan untuk melakukan kebaikan apapun demi memajukan desanya

Jika anda merasa memiliki serta mencintai desa ini jangan hanya bisa prihatin atau sekedar mengucapkan kata prihatin saja apalagi menhujat orang lain atau menghakimi orang lain seperti pemerintah dan pamongnya tapi mari bersama berbudaya membangun serta memajukan desa kita sehingga semua potensi bisa kita gali agar menuju desa Batumarta VI menjadi lebih baik dari semula.

Ingat sampai kapanpun jika kita hanya prihatin serta tak mampu memandang dengan seimbang maka kita hanya akan menjadi orang yang sekedar bisa mengumpat serta menghujat.

Dimana bumi kita pijak di situ langit kita junjung itu adalah pepatah yang selalu terngiang setiap saya berada di manapun meskipun bukan tanah kelahiran

kantor-desa1Batumarta VI kini adalah sebuah desa yang memiliki harapan untuk menjadi Kota Terpadu Mandiri. Sebuah Desa transmigrasi yang masuk dalam wilayah Kecamatan Madangsuku III Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan.

Berikut adalah kantor Kepala desa Batumarta VI dan di sisnilah kendali kepemerintahan desa Batumarta VI di kendalikan oleh Bapak  Sarman AS selaku Kepala Desa Terpilih saat ini.

Berangkat dari kesederhanaan yang terpola dan rasa keinginan membangkitkan kemajuan desa dan dengan segenap keiklasan pengabdian memiliki keinginan membawa eksistensi Desa Batumarta VI diakui lebih maju diantara desa desa sekitarnya.

bu-kadesGeliat Kegiatan PKK desa Batumarta VI yang dipimpin langsung oleh ibu Kades juga sangat berarti menopang kemajuan dari sisi para perempuan di desa Batumarta VI.

Banyak kegiatan yang dilakukan para Ibu PKK yang terus di gulirkan hingga mempengaruhi kemajuan drastis pada pola pengembangan desa yang di motori oleh kegiatan ibu ibu PKK desa Batumarta VI.

pkk-dan-bpdLomba menu sehat dalam rangka memeriahkan hari Ulang tahun Rebuplik Indonesia yang dilakukan di aula balai desa Batumarta VI. Kegiatan tersebut juga salah satu contoh kemajuan dalam bidang pengelolaan sumberdaya lokal yang dikelola untuk kesadaran akan kebutuhan kesehatan pangan untuk keluarga. Tidak jarang pula untuk mendukung kemajuan yang berarti untuk Desa Batumarta VI mengundang atau melibatkan orang yang berasal dari luar Desa batumarta VI, dalam berbagi wacana dan membukakan peluang untuk membangun Desa Batumarta VI.

makan-roh1

“Anda memiliki potensi yang bermanfaat untuk perkembangan Desa Batumarta VI…?”

Kembangkan Batumarta VI lestarikanlah……..!!!!!!

Mari Kembangkan dan Manfaatkan

reperensi kami ambil dari batumarta6

Berita Terkait

Sudut Pandang Batumarta VI

Mati Lampu

Tips Menghemat Listrik

10 Tips Merawat Barang Elektronik

Solusi Buat Anda ketika mengalami pemadaman listrik berkala SAVE POWER ONE Pembangkit Listrik Tenaga Aki Hemat Biaya tanpa Bensin dan tidak Berisik, digunakan tanpa menurunkan NCB Meteran

Pemimpin Harapan

Kota Terpadu Mandiri

Tanaman Obat

Suku Komering

Asal usul suku Komering

BNI – KREDIT USAHA RAKYAT (KUR)

Tiga PNS Pemkab OKU Timur Terancam Diberhentikan

Sopir Dimintai Rp 50 Ribu Tiap Melintas

KPUD OKUT Siapkan Data Mata Pilih

120 Rb Ton Karet Pertahun Dijual ke Palembang

Januari 2012, Tunggakan Pelanggan PLN Martapura Rp 1,3 Miliar

OKUT Hasilkan 30 Ribu Ton Patin

Bupati OKUT Larang Bangun Masjid Minta Sumbangan di Jalan

Harga Karet di OKU Timur Rp 15.600 Per Kg

Dishub OKU Timur Razia Truk Batu Bara

Bikin SIM di Polres OKU Timur Lebih Cepat

25 KK Tempati Lokasi Transmigrasi di Desa Tanjung Kukuh

Pemkab OKUT Diminta Hentikan Alih Fungsi Lahan

Petani Butuh Keseimbangan

Perjaya akan Dijadikan Sumber Energi Listrik

One thought on “Sudut Pandang Batumarta VI

  1. Ping-balik: Yayasan Darussalam [dot] Info « Yayasan Darussalam Batumarta 6

Pembaca blog Jurnal Batumarta OKU Timur yang terhormat, jika menurut kalian berita yang kami sajikan bermanfaat di share di Facebook atau Twitter ya, jangan lupa tuliskan komentar nya juga atau ingin mengucapkan sesuatu pada kami? mungkin pertanyaan, kritik, saran, sharing informasi atau berita apa saja? silahkan isi form komentar di bawah ini. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s