BBM Belum Naik, Harga Sembako Sudah Melambung


Edy Junaedi

15/03/2012 09:31

BBM Belum Naik, Harga Sembako Sudah Melambung Liputan6.com, Polewali Mandar: Pemerintah belum resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), namun dampaknya sudah terasa di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Di sana, harga sembako dan sayuran di sejumlah pasar tradisonal naik sejak empat hari terakhir.

Di Pasar Sentral Wonomulyo, misalnya. Harga tomat di sana naik menjadi Rp 6.000 per kilogram atau naik 50 persen dari harga sebelumnya. Harga telur yang sebelumnya dijual Rp 23 ribu per rak naik menjadi Rp 31 ribu per rak.

Harga gula pasir juga naik dari Rp 9.500 per kilogram menjadi Rp 11 ribu per kilogram. Saidiman, pedagang sayuran di pasar tersebut, mengatakan, hampir semua jenis kebutuhan sembako dan sayur mayur merangkak naik.

Untuk cabai merah besar, sebelumnya dijual Rp 10 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 15 ribu per kilogram. Cabai keriting yang sebelumnya dijual Rp 17 ribu melonjak jadi Rp 25 ribu per kilogram. Kola yang sebelumnya dijual Rp 3.000 per kilogram naik menjadi Rp 5.000 per kilogram. Tak hanya sayuran dan sembako, ayam potong dan ikan juga naik.

Ikan bandeng ukuran sedang, sebelumnya dijual Rp 10 ribu per lima ekor, kini naik menjadi Rp 10 ribu per tiga ekor. Ikan cakalang yang sebelumnya dijual seharga Rp 15 ribu per ekor naik menjadi Rp 20 ribu per ekor.

Para pedagang di Pasar Sentral Wonomulyo beralasan ikut menaikkan harga untuk mengikuti tren kenaikan harga BBM dan tarif dasar listrik. Mereka berusaha menutupi kerugian jika memang BBM dan TDL naik. Kenaikan harga membuat para pedagang kerap diprotes para pelanggan.

Para konsumen dan pedagang berharap pemerintah lebih peduli dengan nasib rakyat kecil yang terkena dampak kenaikan harga BBM. Pedagang memperkirakan tren kenaikan harga sembako dan sayur mayur masih terus berlangsung sampai kenaikan harga BBM resmi diberlakukan pemerintah.(BJK/ULF)

Berita Terkait

Pembaca blog Jurnal Batumarta OKU Timur yang terhormat, jika menurut kalian berita yang kami sajikan bermanfaat di share di Facebook atau Twitter ya, jangan lupa tuliskan komentar nya juga atau ingin mengucapkan sesuatu pada kami? mungkin pertanyaan, kritik, saran, sharing informasi atau berita apa saja? silahkan isi form komentar di bawah ini. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s