BLT Pembodohan Rakyat


JAKARTA, KOMPAS.com – Program bantuan langsung tunai (BLT) yang dilaksanakan bersamaan dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), sejatinya adalah pembodohan masyarakat. Itu dilakukan oleh negara secara terstruktur.

“BLT adalah pola pembodohan masyarakat yang terstruktur. Setiap kali ada kenaikan bahan bakar minyak (BBM), masyarakat selalu dininabobokan dengan kompensasi yang cenderung sesaat, tapi tak menyelesaikan akar persoalan kemiskinan,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Noer Fajrieansyah, di Jakarta, Kamis (15/3/2012).

Rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM seiring dengan melejitnya harga minyak dunia, terus menuai protes. Para mahasiswa menganggap kebijakan ini tidak tepat, karena akan semakin menyulitkan kehidupan rakyat. Pogram BLT dicitrakan seolah membantu rakyat, tetapi sebenarnya hanya sementara.

“BLT dikhawatirkan berdampak psikologis, yang dapat menumpulkan integritas kemandirian rakyat dalam sendi-sendi kehidupan sosial ekonomi secara jangka panjang. Selain itu, pula BLT bukan satu-satunya solusi dalam membantu rakyat miskin,” tambahnya.

Alangkah lebih baiknya, lanjut Noer Fajrieansyah, jika anggaran BLT diperuntukkan bagi pembangunan dalam skala prioritas kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur ekonomi. Itu penting untuk memperbaiki kualitas sumberdaya manusia Indonesia.

“Kami melihat BLT sarat dengan kepentingan politik. Apalagi, para elite politik, baik eksekutif maupun partai politik, berusaha mengambil kepentingan dari pendistribusian bantuan itu. Belum lagi, jika bantuan itu ternyata nanti malah dikorupsi,” katanya.

PB HMI menolak kenaikan harga BBM, karena akan menyengsarakan kehidupan rakyat. BLT juga tidak tepat, karena hanya akan menjadi bentuk penyalahgunaan kekuasaan oleh para elit politik. “Stop pembodohan dan pemiskinan terhadap masyarakat,” ucap Noer.

Pembaca blog Jurnal Batumarta OKU Timur yang terhormat, jika menurut kalian berita yang kami sajikan bermanfaat di share di Facebook atau Twitter ya, jangan lupa tuliskan komentar nya juga atau ingin mengucapkan sesuatu pada kami? mungkin pertanyaan, kritik, saran, sharing informasi atau berita apa saja? silahkan isi form komentar di bawah ini. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s