Negeri 5 Menara


Trailer Negeri 5 Menara HD – 2012.mp4

Diangkat dari novel laris Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi yang berkisah tentang kesungguhan enam sahabat yang mengejar mimpi di tanah asing. Tokoh utama adalah Alif yang lahir di pinggir Danau Maninjau. Tidak pernah menginjak luar tanah Minang, bukan berarti Alif tak bercita-cita, ia ingin menjadi seperti Habibie, bersekolah di Bandung dan melanglang buana ke negeri orang. Apadaya, ibu Alif menghendakinya belajar di pondok agar ia seperti Buya Hamka kelak. Alif pun menempuh perjalanan tiga hari menggunakan bis dan tiba di daerah yang belum pernah dikenalnya, Jawa Timur. Baru hari pertama belajar di Pondok Madani, Alif ‘tersihir’ dengan ‘mantra’ man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh pasti suskes. Hari-harinya di Pondok Madani kemudian ditemani oleh lima pemuda dengan asal daerah yang berbeda-beda, Raja dari Medan, Said dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep, Atang dari Bandung dan Baso dari Gowa Bagaimana kisah keenam pemuda ini meraih cita-citanya, dan tentu saja Alir dengan keinginannya menjadi seperti Habibie? Siapakah Princess of Madani? Mengapa tiba-tiba ada kasuk-kusuk tentang mata-mata? Saksikan NEGERI 5 MENARA yang akan dirilis pada 1 MARET 2012. KOMPAS GRAMEDIA PRODUCTION dan Million Pictures mempersembahkan “NEGERI 5 MENARA”. Produser : Aoura Lovenson Chandra, Dinna Jasanti,Salma Aristo Sutradara : Affandi Abdul Rachman Penulis Skenario : Salma Aristo Pemain : Gazza Zubizzaretha : Alif Ernest Samudera : Said Billy Sandi : Baso Rizki Ramdani : Atang Aris Adnanda Putra : Dulmadjid Jiofani Lubis : Raja Eriska Rein : Sarah Meirayni Fauziah : Nissa David Chalik, Lulu Tobing, Doni Alamsyah, Andhika Pratama, Mario Irwinsyah dan Ikang Fawzi

Sumber : www.kompas.tv

Silakan Intip Syuting Film N5M

PostDateIcon Thursday, 27 October 2011 19:20 | PostAuthorIcon Author: Administrator | PDF Print E-mail

bppmProses syuting film Negeri 5 Menara yang berlangsung 40 hari telah dilaksanakan di 4 tempat: Pondok Modern Gontor, Danau Maninjau Sumatera Barat, Bandung dan terakhir di London, Inggris. Saat ini sedang berlangsung proses editing dan pembuatan soundtrack. Kalau tidak aral melintang, film akan ditayangkan awal tahun 2012.

Penasaran dengan filmnya? Silakan intip beberapa video proses syuting yang sudah dilakukan. Tinggal klik saja link ke youtube ini:

http://www.youtube.com/user/FilmNegeri5Menara

Syuting 1 Bulan di Gontor

PostDateIcon Thursday, 27 October 2011 17:38 | PostAuthorIcon Author: Administrator | PDF Print E-mail

Selama 1 bulan penuh, selama bulan puasa, diadakan syuting film Negeri 5 Menara di Pondok Modern Gontor, Ponorogo. Gontor adalah inspirasi dari Pondok Madani yang ada di novel. Penulis novel, Ahmad Fuadi memang pernah menuntut ilmu di Gontor pada tahun 1988-1992. “Bagi saya, pengalaman belajar di Gontor adalah salah satu pengalaman belajar paling inspiratif sepanjang hidup saya, ” kata mantan wartawan Tempo yang pernah bertugas di Washington DC ini.

Kurang lebih 150 orang kru bekerja dengan ribuan figuran dari Gontor dan Ponorogo dari pagi sampai malam untuk menyelesaikan jadwal syuting. Salah satu alasan syuting selama puasa, karena ini adalah masa libur kebanyakan dari 4000 orang siswa. Walaupun begitu, selama libur masih ada hampir 1000 orang siswa kelas akhir dan ustad yang tinggal dan bertugas menjaga pondok.

layarbesartumbl

Film N5M Segera Syuting di Indonesia dan Inggris

PostDateIcon Thursday, 27 October 2011 17:29 | PostAuthorIcon Author: Administrator | PDF Print E-mail

press_confFilm “Negeri 5 Menara” yang diadaptasi dari novel laris karya Ahmad Fuadi memulai pengambilan gambar Agustus 2011. Syuting akan diadakan di Indonesia dan di Inggris. Di Indonesia akan dimulai di Pondok Modern Gontor, Ponorogo, yang merupakan almamater Fuadi.

“Kemudian syuting tahap dua akan dilaksanakan di kota Bandung setelah Lebaran. Berikutnya akan diambil di Bukittinggi dan Danau Maninjau, Sumatera Barat. Kemudian yang terakhir akan diambil langsung di kota London, Inggris,” kata sutradara film itu Affandi Abdul Rachman dalam acara syukuran sebelum syuting di Planet Hollywood Jakarta, akhir Juli 2011

Para pemainnya dipilih bintang-bintang yang masih muda seperti Doni Alamsyah, Andhika Pratama, David Chalik, Inez Tagor, Mario Irwinsyah hingga pendatang baru seperti Eriska Rein dan Merayni Fauziah.

Merekam Keindahan Danau Maninjau

PostDateIcon Thursday, 27 October 2011 17:47 | PostAuthorIcon Author: Administrator | PDF Print E-mail

LuluTobing-ceritamu

Tahap syuting film N5M dilanjutkan di Danau Maninjau, Sumatera Barat. Nagari Bayur yang terletak di pinggir danau yang permai ini adalah kampung Alif, dan juga kampung penulis novel N5M, Ahmad Fuadi. Untuk menggambarkan suasana tahun 80-an, kru mencari sebuah rumah kayu di pinggir danau dan mendatangkan sebuah bus Harmonis tua. Setelah selesai di Maninjau, syuting dilanjutkan di Embun Pagi, Matur untuk scene Pasar Ternak. Terakhir, pengambilan gambar diadakan di Bukittinggi.

danau-maninjau

London, Lokasi Syuting N5M Terakhir

PostDateIcon Thursday, 27 October 2011 18:23 | PostAuthorIcon Author: Administrator | PDF Print E-mail

Shooting_N5M-di-London

Seperti di dalam novel, maka London dipilih sebagai lokasi syuting terakhir untuk memperlihatkan para anggota Sahibul Menara reuni di Trafalgar Square, London. Para pemeran Sahibul Menara dewasa seperti Aryo Wahab (Alif) dan Udjo (Atang) meneriakkan “man jadda wajada” dengan kencang di tengah keriuhan Trafalgar Square yang berada di jantung kota London, Inggris. Inilah simbol impian yang bisa jadi nyata kalau dibela dengan spirit man jadda wajada dan doa yang terus menerus.

N5M Raih Anugerah Pembaca Indonesia 2010

PostDateIcon Wednesday, 05 January 2011 12:52 | PostAuthorIcon Author: Administrator | PDF Print E-mail

award_pembaca-kecilNegeri 5 Menara dan A. Fuadi menerima penghargaan sebagai Buku dan Penulis Fiksi Terfavorit 2010 dari Anugerah Pembaca Indonesia pada bulan Desember 2010. Penghargaan ini berdasarkan pilihan dari 7.629 pembaca yang mengikuti polling di internet.

Goodreads Indonesia mengadakan Anugerah Pembaca Indonesia 2010 sebagai bagian dari rangkaian acara Festival Pembaca Indonesia, yang kali pertama diadakan di negara ini.

 Selama bulan September–Oktober 2010, panitia menyeleksi lebih dari 12.000 buku hasil karya penulis Indonesia yang terdata dalam pangkalan data goodreads.com yang terbit sejak 2009–2010 (untuk kategori buku Fiksi dan Non-Fiksi) dan sejak 2008–2010 (untuk kategori buku Puisi dan Komik Indonesia).

 Polling dibuka sejak 3–30 November 2010 dan selama polling panitia Anugerah Pembaca Indonesia menerima total 7.629 suara pembaca yang ikut ambil bagian ikut memilih 10 buku di setiap kategori (Fiksi, Non-Fiksi, Puisi, dan Komik, serta Sampul Buku).

Hasil Shortlist Polling Anugerah Pembaca Indonesia 2010

Jumlah total suara pembaca (N)= 7.629 suara.

Kategori Buku & Penulis Fiksi Terfavorit

Negeri Lima Menara, karya Ahmad Fuadi (32% suara)
, Perahu Kertas, karya Dewi Lestari (27% suara), 
Padang Bulan dan Cinta dalam Gelas, karya Andrea Hirata (17% suara)
, Negeri Van Oranje, karya Wahjuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, dan
Rizki Pandu Permana (14% suara), 
Galaksi Kinanti, karya Tasaro GK (10% suara)

A. Fuadi Raih Liputan6 Award SCTV

PostDateIcon Thursday, 27 October 2011 18:18 | PostAuthorIcon Author: Administrator | PDF Print E-mail

vid-sctv_award2

Pada bulan Mei 2011, Ahmad Fuadi yang sedang berada di Moskow, Rusia mendapatkan kabar baik dari tanah air. Liputan6 Award, SCTV memberinya penghargaan untuk kategori “Pendidikan dan Motivasi”. Penulis trilogi Negeri 5 Menara dan pendiri Yayasan Komunitas Menara ini dari Moskow menitipkan pesan untuk dibacakan oleh A. Dhahnial yang mewakilinya di malam penganugerahan itu. “Terima kasih untuk award ini dan semoga ini membawa manfaat yang semakin luas,” ungkapnya.

“The Land of Five Towers” Diluncurkan di Ubud

PostDateIcon Thursday, 27 October 2011 18:39 | PostAuthorIcon Author: Administrator | PDF Print E-mail

Five_Towers_cover_kuning_hal_1Setelah sukses dengan Negeri 5 Menara edisi Indonesia dan Malaysia, novel laris ini diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh Angie Kilbane dengan judul “The Land of Five Towers”. Buku yang diperuntukkan untuk pembaca internasional ini diluncurkan dalam sebuah festival buku bergengsi, Ubud Writers dan Readers Festifal di Ubud pada awal Oktober 2011. Acara ini mendapat sambutan yang baik dan cetakanpertama edisi Inggris ini cepat habis.

Ranah 3 Warna beredar 23 Januari

PostDateIcon Wednesday, 05 January 2011 13:06 | PostAuthorIcon Author: Administrator | PDF Print E-mail

shop-R3W-sfSMS

Ranah 3 Warna, buku ke-2 dari trilogi Negeri 5 Menara sudah beredar pada tanggal 23 Januari 2011 di seluruh toko buku di Indonesia. Buku juga bisa dipesan (preorder) secara online di http://www.gramediashop dan http://www.gramedia.com.

Sinopsis:

Alif baru saja tamat dari Pondok Madani. Dia bahkan sudah bisa bermimpi dalam bahasa Arab dan Inggris. Impiannya? Tinggi betul. Ingin belajar teknologi tinggi di Bandung seperti Habibie, lalu merantau sampai ke Amerika.

Dengan semangat menggelegak dia pulang ke Maninjau dan tak sabar ingin segera kuliah. Namun kawan karibnya, Randai, meragukan dia mampu lulus UMPTN. Lalu dia sadar, ada satu hal penting yang dia tidak punya. Ijazah SMA. Bagaimana mungkin mengejar semua cita-cita tinggi tadi tanpa ijazah?

Terinspirasi semangat tim dinamit Denmark, dia mendobrak rintangan berat. Baru saja dia bisa tersenyum, badai masalah menggempurnya silih berganti tanpa ampun. Alif letih dan mulai bertanya-tanya: “Sampai kapan aku harus teguh bersabar menghadapi semua cobaan hidup ini?” Hampir saja dia menyerah.

Rupanya “mantra” man jadda wajada saja tidak cukup sakti dalam memenangkan hidup. Alif teringat “mantra” kedua yang diajarkan di Pondok Madani: man shabara zhafira. Siapa yang bersabar akan beruntung. Berbekal kedua mantra itu dia songsong badai hidup satu persatu. Bisakah dia memenangkan semua impiannya?

Tentang Novel

cover

Negeri 5 Menara adalah sebuah trilogi, yang terdiri dari 3 novel yang saling bersambung. Novel pertama adalah “Negeri 5 Menara”, yang kedua adalah “Ranah 3 Warna” dan yang ketiga sedang dalam proses penulisan. Judulnya nanti akan mengandung unsur angka 1.

Buku 1: Negeri 5 Menara

Buku ini ditulis dengan syukur, respek dan terima kasih. Kepada Tuhan, kepada orang tua dan handai tolan, dan kepada setiap orang yang telah menanam kebaikan dalam hidupnya.

“Negeri 5 Menara” adalah buku pertama dari rencana trilogi. Buku ini berniat merayakan sebuah pengalaman menikmati atmosfir pendidikan yang sangat inspiratif. Semoga buku ini bisa membukakan mata dan hati pembaca.  Dan menebarkan inspirasi ke segala penjuru.

Salah satu pesan utama novel ini adalah “man jadda wajada” sebuah pepatah Arab yang berarti “siapa yang bersungguh-sungguh akan sukses”. Pengalaman para tokoh di novel ini mengajarkan mereka bahwa apa pun mungkin diraih selama didukung usaha dan doa. Jangan pernah remehkan mimpi, setinggi apa pun. Sungguh Tuhan Maha mendengar.

Sebagian royalti diniatkan untuk merintis Komunitas Menara, sebuah organisasi sosial berbasis relawan (volunteer) yang menyediakan sekolah, perpustakaan, rumah sakit, dan dapur umum secara gratis buat kalangan yang tidak mampu.

Buku kedua: Ranah 3 Warna

shop-R3W-sfSMS

Alif baru saja tamat dari Pondok Madani. Dia bahkan sudah bisa bermimpi dalam bahasa Arab dan Inggris. Impiannya? Tinggi betul. Ingin belajar teknologi tinggi di Bandung seperti Habibie, lalu merantau sampai ke Amerika.

Dengan semangat menggelegak dia pulang ke Maninjau dan tak sabar ingin segera kuliah. Namun kawan karibnya, Randai, meragukan dia mampu lulus UMPTN. Lalu dia sadar, ada satu hal penting yang dia tidak punya. Ijazah SMA. Bagaimana mungkin mengejar semua cita-cita tinggi tadi tanpa ijazah?

Terinspirasi semangat tim dinamit Denmark, dia mendobrak rintangan berat. Baru saja dia bisa tersenyum, badai masalah menggempurnya silih berganti tanpa ampun. Alif letih dan mulai bertanya-tanya: “Sampai kapan aku harus teguh bersabar menghadapi semua cobaan hidup ini?” Hampir saja dia menyerah.

Rupanya “mantra” man jadda wajada saja tidak cukup sakti dalam memenangkan hidup. Alif teringat “mantra” kedua yang diajarkan di Pondok Madani: man shabara zhafira. Siapa yang bersabar akan beruntung. Berbekal kedua mantra itu dia songsong badai hidup satu persatu. Bisakah dia memenangkan semua impiannya?

Kelas Baru Sekolah Dhuafa Komunitas Menara

PostDateIcon Thursday, 27 October 2011 18:53 | PostAuthorIcon Author: Administrator | PDF Print E-mail

paud_kelas_baru

PAUD Komunitas Menara yang dikhususkan untuk penanaman karakter sejak dini bagi kalangan yang kurang mampu, kembali membuka kelas baru. Seperti kelas yang pertama, para relawan dan pengurus mendatangi semua rumah calon murid untuk memastikan mereka adalah orang yang paling membutuhkan. Sebagai informasi, tidak ada pungutan biaya untuk sekolah di PAUD ini. Bahkan seragam, alat sekolah dan makanan sehat disediakan antara lain atas kebaikan para relawan dan donatur.

Karena keterbatasan tempat, terpaksa ada peminat yang belum bisa diterima. Saat ini PAUD ini mempunyai 2 kelas dengan jumlah murid 37 anak, 5 orang guru, dan beberapa orang relawan. Selain sekolah, PAUD ini juga membuka Taman Baca setiap hari Sabtu pagi.

Sekolah dan taman bacaan ini berada di belakang Bintaro Sektor 3, tepatnya di Jl. Beruang II no 69, Tangerang Selatan, depan SMPN 13 Tangerang Selatan. Saat ini kegiatan belajar hari Senin, Rabu dan Jumat dari jam 8-10 pagi.

Kalau tertarik untuk ikut menjadi relawan, silakan kirim email ke komunitas@negeri5menara.com . Sedangkan kalau berminat membantu sebagai donor, donasi bisa dikirim ke nomor Rekening Komunitas Menara:

Bank Mandiri, KK Tangerang, Pondok Cabe Mutiara

an.  Yayasan Komunitas Menara

No 164000 00 41600

Info lebih lanjut bisa menghubungi Mas Sinwani di 0815811292749

(Catatan penting: Mohon donasi tidak dalam bentuk zakat, karena kami tidak ikut menyalurkan zakat. Mohon konfirmasi setiap pengiriman donasi ke email komunitas@negeri5menara.com untuk data pembukuan kami. Terima kasih )

Sekolah Gratis “Komunitas Menara” Butuh Relawan

PostDateIcon Sunday, 13 February 2011 15:45 | PostAuthorIcon Author: Administrator | PDF Print E-mail

paud_dlm_kelasSetelah beberapa bulan para relawan “Komunitas Menara” bekerja, Sekolah Anak Usia Dini (PAUD) Gratis Komunitas Menara akhirnya dibuka pada tanggal 7 Februari lalu. PAUD ini adalah sumbangan dari para pembeli novel Negeri 5 Menara dan Ranah 3 Warna, karena dari setiap pembelian novel, ada dana yang masuk ke yayasan Komunitas Menara.

Saat ini kami perlu bantuan relawan yang tinggal di daerah Bintaro untuk ikut mendampingi guru utama dan menjaga taman bacaan. Jadwal untuk mendampingi guru mengajar anak-anak adalah setiap hari Senin, Rabu dan Jumat jam 8-11 pagi. Sedangkan jadwal untuk menjaga perpustakaan adalah hari Sabtu jam 9.30-12. Silakan pilih waktu yang sesuai dengan jadwal Anda. Kalau tertarik dan punya waktu jadi relawan, silakan kirim nama, alamat, pekerjaan dan jadwal yang cocok ke alamat email : komunitas@negeri5menara.com . Relawan yang dianggap cocok akan dihubungi.

Sekolah dan taman bacaan ini berada di belakang Bintaro Sektor 3, tepatnya di Jl. Beruang II no 69, Tangerang Selatan, depan SMPN 13 Tangerang Selatan. Saat ini kegiatan belajar hari Senin, Rabu dan Jumat dari jam 8-10 pagi.

Karena keterbatasan tempat dan tenaga, untuk angkatan pertama sekolah ini hanya akan merekrut maksimal 30 murid. Seiring dengan kemampuan dan dukungan relawan, sekolah ini nanti akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kalau Anda ingin ikut membantu pendidikan generasi penerus bangsa, silakan bergabung dengan Komunitas Menara sebagai relawan. Setiap orang bisa membantu dengan cara masing-masing, bisa dengan waktu, alat, skill, bahkan juga doa. Saat ini bantuan dari para relawan yang dibutuhkan adalah pengumpulan buku untuk anak pra sekolah, pengumpulan mainan bekas, admin dan webmaster website, petugas perpustakaan, keuangan, tim fundraising dan lain-lain.

paud_muka

Bagaimana Cara Bergabung dengan Komunitas Menara?

Komunitas Menara (KM) adalah sebuah yayasan sosial yang bercita-cita ingin memajukan pendidikan anak bangsa, khususnya yang kurang mampu. Motto KM adalah “Mari Ikhlas Berbagi”. Kegiatannya dimulai dari hal yang kecil-kecil untuk kemudian menjadi sebuah gerakan sosial yang luas. Kegiatannya bertumpu pada dukungan dari para relawan dan siapa saja yang tertarik membantu pendidikan Indonesia. Komunitas Menara berawal dari keinginan untuk bermanfaat buat sebanyak mungkin orang.

Kegiatan yang sudah dilakukan oleh Komunitas Menara antara lain pendirian sekolah gratis untuk masyarakat kurang mampu di Tangerang Selatan, pembangunan kembali PAUD (pre-school) korban gempa di Pariaman bersama Al-Azhar Peduli dan GPU, beasiswa, serta workshop inspirasi Man Jadda Wajada oleh A. Fuadi bagi para pendidik di beberapa tempat di Indonesia. Komunitas ini didirikan oleh A. Fuadi, penulis novel Negeri 5 Menara dan istrinya, Danya Dewanti.

Dalam kegiatannya, Komunitas Menara mengharapkan bantuan dari relawan. Relawan adalah orang yang percaya dengan misi Komunitas Menara dan terpanggil dari dalam hati untuk membantu tanpa pamrih, sesuai dengan kemampuan masing-masing.

wide_baru_selesai

Jika Anda merasa cocok dengan misi dan program KM, silakan mendaftar menjadi relawan. Bagaimana caranya? Cukup isi formulir ini. Jika ada kesulitan mengisi form online ini, silakan kirim data Anda ke email komunitas@negeri5menara.com .  Data yang dikirimkan sama dengan yang ada di form online. Untuk mengikuti update kegiatan lain, silakan addakun facebook Komunitas Menara

Kalau punya kelebihan rezeki, donasi bisa dikirim ke nomor Rekening Komunitas Menara:

Bank Mandiri, KK Tangerang, Pondok Cabe Mutiara

an.  Yayasan Komunitas Menara

No 164000 00 41600

Info lebih lanjut bisa menghubungi Mas Sinwani di 0815811292749

(Catatan penting: Mohon donasi tidak dalam bentuk zakat, karena kami tidak ikut menyalurkan zakat. Mohon konfirmasi setiap pengiriman donasi ke email komunitas@negeri5menara.com untuk data pembukuan kami. Terima kasih )

Alhamdulillah telah banyak review dan tulisan “Negeri 5 Menara” di internet. Terima kasih buat para pembaca yang telah berkenan menulis review ini.

Berikut link review itu:
http://ndorokakung.com/2009/08/11/pesantren-pecas-ndahe
http://elmyranoork.blogspot.com/
http://public.kompasiana.com/2009/08/21/alam-pikiran-pesantren/#comments
http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=15144
http://metmetmettymet.blogspot.com/2009/08/making-of-negeri-5-menaras-cover.html
http://metmetmettymet.blogspot.com/2009/08/negeri-5-menara-book-cover.html
http://heryazwan.wordpress.com/2009/08/19/alam-pikiran-pesantren/
http://hardivizon.com/2009/08/19/keterpaksaan-berbuah-keberkahan/
http://kiwigraphy.blogspot.com/2009/08/negeri-5-menara.html
http://sambalacan.blogspot.com/2009/08/ikrar-keramat-dan-mantra-keramat.html
http://dyah22011996.blogspot.com/
http://silenzioso.wordpress.com/2009/08/
http://deboy10.blogspot.com/2009/08/review-book-negeri-5-menara.html

Pembaca blog Jurnal Batumarta OKU Timur yang terhormat, jika menurut kalian berita yang kami sajikan bermanfaat di share di Facebook atau Twitter ya, jangan lupa tuliskan komentar nya juga atau ingin mengucapkan sesuatu pada kami? mungkin pertanyaan, kritik, saran, sharing informasi atau berita apa saja? silahkan isi form komentar di bawah ini. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s