Pertumbuhan Ekonomi OKU Timur Membaik


Friday, 30 March 2012
MARTAPURA – Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur sejak awal pemekaran pada 2003 hingga kini terus mengalami kemajuan.

Contohnya, pertumbuhan ekonomi berdampingan dengan perkembangan ekonomi Sumatera Selatan (Sumsel) dan nasional. Menurut pengamat eko nomi Sumsel Amidi,akibat kemajuan perkembangan ekonomi OKU Timur sebagai kabupaten hasil pemekaran,OKU sebagai kabupaten induknya menjadi keteteran. Ini juga akibat dibentuknya OKU Timur dari sisi sumber daya manusia (SDM) yang banyak ditarik ke OKU Timur. Hal itulah yang membuat salah satu faktor laju perkembangan ekonomi yang sangat bagus.

”Karena itu daerah ini memiliki peluang besar untuk mengangkat sektor pertanian yang selama ini merupakan pemasok pangan bagi Sumsel bahkan Nasional,” kata Amidi saat menjadi panelis pada Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Murenbangda) OKU Timur, Rabu (28/2). Namun, kata dia, saat ini yang harus dilakukan meng-upgrade sedikit agar ke depannya lebih baik lagi. Contohnya, masalah pemasaran yang tepat sehingga jangan sampai beras yang diproduksi petani lokal sebagian besar dijual keluar.Untuk itu, salah satu caranya pemodal dari luar harus diberi aturan.

Namun, bukan berarti pembatasan bagi mereka. “Contohnya pemodal harus terkoordinasi dengan Dinas Koperasi, yang kedua petani harus dilindungi dana CSR harus ke petani agar petani lebih terbantu,”katanya. Dia mengungkapkan, yang jadi masalah akumulasi modal agar masyarakattidak terkungkung, baik melalui pemerintah maupun CSR. Ketua Persatuan Penggilingan Padi Indonesia (Perpadi) OKU Timur Faisal Habibur mengatakan, itu merupakan trik yang sangat bagus bila terealisasi. Sebab, selama ini petani selalu terbebani utang karena banyaknya sistem yang agak sulit.

Contoh petani untuk meminjam uang harus pakai sertifikat sebagai jaminan, sedangkan proses pembuatan sertifikat cukup lama, di sisi lain kebutuhan mendesak. Akibatnya, petani terpaksa meminjam uang dengan bunga tinggi dengan perjanjian bayar panen (yarnen). dadang dinata

Pembaca blog Jurnal Batumarta OKU Timur yang terhormat, jika menurut kalian berita yang kami sajikan bermanfaat di share di Facebook atau Twitter ya, jangan lupa tuliskan komentar nya juga atau ingin mengucapkan sesuatu pada kami? mungkin pertanyaan, kritik, saran, sharing informasi atau berita apa saja? silahkan isi form komentar di bawah ini. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s