Kode Naskah UN Dalam Amplop


Palembang, BP

 Kode naskah Ujian Nasional (UN) tahun ini berada di dalam amplop  tidak seperti tahun sebelumnya. Selain itu, boks yang berisi naskah soal pun didistribusikan per sekolah bukan per subrayon.

“Secara umum teknis pelaksanaan UN tahun ini tidak ada beda dengan tahun lalu. Hanya pembagian paket soal kepada peserta sudah ditentukan sesuai denah yang ada di dalam amplop soal, yang akan dibuka di ruang ujian sesaat sebelum pelaksanaan. Peserta ujian akan menerima paket yang berbeda dari setiap mata uji yang diikuti,” kata Iryanto Sekretaris Panitia Ujian Nasional (UN) 2012 Sumsel, ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (13/4).

Menurut Iryanto, setiap boks yang berisi berkas soal sudah dipisah sesuai dengan jumlah peserta di setiap sekolah penyelenggara. Untuk itu Dinas Pendidikan (Disdik) daerah bisa menjelaskan kepada setiap sekolah.

 “Tahun ini naskah soal yang didistribusikan ke kabupaten/kota bukan lagi berdasarkan sub rayon tetapi per sekolah penyelenggara. Namun, untuk pendistribusian dari provinsi tetap ditujukan ke masing-masing kabupaten/kota yang diterima Polres dan diambil sendiri sub rayon atau sekolah penyelenggara,” jelasnya.

Sementara itu, pendistribusian naskah soal ke 14 kabupaten/kota di Sumsel menggunakan tiga rute. Rute pertama Ogan Ilir, OKI, OKUT, OKUS, dan OKU Induk. Rute kedua, Prabumulih, Muaraenim, Lahat, dan Pagaralam. Kemudian rute ketiga Banyuasin, Muba, Lubuklinggau, Musirawas, dan Empat Lawang.

“Dari gudang PT POS naskah langsung dibawa ke Disdik Sumsel. Kemudian didistribusikan ke kabupaten/kota. Untuk Palembang, pendistribusian dilakukan Minggu (15/4) pagi,” ujarnya.

Selain, mendistribusikan 242 boks yang berisi amplop berkas naskah soal, Disdik juga mengirimkan 6.416 kaset, 1.330 di antaranya untuk Palembang dengan pengawalan Disdik, Kepolisian, dan Universitas Sriwijaya (Unsri).

“Provinsi hanya melakukan pengawasan dalam pelaksanaan ujian. Setelah selesai, LJUN langsung dikirimkan ke Balitek oleh masing-masing Disdik kabupaten/kota,” pungkasnya. /ris

Sumber :  beritapagi.co.id

Pembaca blog Jurnal Batumarta OKU Timur yang terhormat, jika menurut kalian berita yang kami sajikan bermanfaat di share di Facebook atau Twitter ya, jangan lupa tuliskan komentar nya juga atau ingin mengucapkan sesuatu pada kami? mungkin pertanyaan, kritik, saran, sharing informasi atau berita apa saja? silahkan isi form komentar di bawah ini. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s